Halaman

Kamis, 16 Juni 2011

Memantau Traffic Koneksi Internet dengan BWMeter


Untuk koneksi internet model volume based, besaran transter data baik download dan upload menjadi dasar dalam penghitungan biaya (di sini akan saya sebut sebagai traffic). Semakin tinggi atau besar traffic yang ada tentu saja akan semakin besar pula biaya yang harus dikeluarkan. Selain kaitannya dengan biaya, traffic juga menjadi salah satu dasar dalam kita memilih koneksi apa yang kita pakai, yaitu bahwa kita tentunya akan memilih koneksi dengan kecepatan download dan upload yang tinggi, karena akan menghemat waktu yang kita pergunakan.
Bagaimana kita mengetahui traffic tersebut? Apa akan percaya sepenuhnya dengan apa yang diiklankan oleh operator penyelenggara layanan koneksi internet? Saya kira tidak! Ingat promosi dan iklan tidak sepenuhnya benar, dan jika benar tidak sesuai, tentu operator akan menggunakan berbagai macam alasan untuk membenarkan mereka atas fakta yang ada.
Dalam posting terdahulu saya pernah menulis tentang Bandwidth Meter and Diagnostics dan juga NetCost, kedua aplikasi atau tools ini mampu memberikan gambaran yang sebenarnya atas koneksi internet yang kita pakai, selain tentu saja Speedtest.net yang memberikan layanan secara online tanpa perlu menginstall program tertentu di PC.
Nah, sekarang saya akan informasikan sebuah program yang melakukan fungsi monitoring atas traffic koneksi internet, yaitu BWMeter. BWMeter adalah aplikasi bikinan Desksoft (www.desksoft.com) yang mampu menghitung bandwidth, memonitor dan mengontrol traffic (download dan upload), dan menampilkannya dalam sebuah tabel grafis realtime yang mudah dipahami. Selain itu BWMeter, juga memonitor lebih lanjut tentang traffic tadi berupa alamat-alamat url atau ip address yang datang dan keluar dari PC kita.
Hebatnya lagi, BWMeter tidak hanya memonitor traffic internet, tapi juga memonitor traffic data yang terjadi dalam sebuah jaringan (LAN) (misal jaringan komputer di kantor), termasuk melakukan filter-filter pada koneksi yang ada.


Untuk memonitor traffic internet, dapat dilihat pada panel grafik Internet. Di sini akan tertampil dengan jelas secara realtime, transfer data Download (warna hijau), dan Upload (warna merah). Pada bagian bawah gambar tertulis juga kecepatan Download (DL) dan Upload (UL) dalam satuan Kb.

Panel grafik Network (LAN) itu sendiri menunjukkan traffic yang terjadi antara PC kita dengan PC lain dalam sebuah jaringan (misalnya mengirimkan file antar PC). Informasi yang muncul adalah sama dengan Panel Internet.
 

Jika kita ingin melakukan kustomisasi atas panel-panel tersebut, cukup klik kanan pada panel yang bersangkutan, kita akan diberikan pilihan menu yang akan kita akses, atau bisa juga dengan double click pada panelnya. Sebagai contoh kita ingin memposisikan panel selalu muncul di depan, cukup pilih Windows dan kemudian pilih Always on Top.

 
Dan jika kita ingin melihat Statistik traffic yang telah kita gunakan, cukup pilih Statistik (Ctrl S), maka akan tampil statistik pemakaian yang bisa kita lihat dalam satuan jam, harian, mingguan, bulanan, bahkan tahunan.

Selain itu masih banyak lagi fasilitas lain yang bisa gunakan dalam BWMeter ini, tergantung kebutuhan dan kepentingannya.
Tertarik untuk mencoba? Aplikasi BWMeter ini bisa didownload di Software Download, Freeware, atau di sini.

Tidak ada komentar: